Senin, 25 Maret 2013

Bahayanya Kehamilan Dibawah Umur

MIRIS! sekarang banyak sekali menemui kasus kehamilan pada remaja putri, bahkan kasus tsb paling banyak dialami pada saat belum menikah.Padahal kehamilan di usia muda memiliki resiko tinggi, tidak hanya merusak masa depan, tetapi juga sangat berbahaya untuk kesehatannya.Perempuan yg belum dewasa memiliki organ reproduksi yg belum kuat, sehingga memiliki resiko 4 kali lipat untuk kematian saat melahirkan.

Berikut ini adalah resiko atau bahaya yang mengancam perempuan dibawah umur saat hamil di usia muda (Di bawah 20 tahun) :
1. Secara ilmu kedokteran ,organ reproduksi untuk gadis dengan umur dibawah 20 tahun belum siap untuk berhubungan seks atau mengandung.
 1b. jika terjadi kehamilan, Kondisi ini nantinya sangat beresiko menyebabkan kejang-kejang, pendarahan bahkan kematian pada ibu atau bayinya
 2. Kondisi sel telur pada gadis dibawah 20 tahun belum begitu sempurna, sehingga dikhawatirkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat fisik.
3. Beresiko mengalami kanker serviks. Karena semakin muda usia, semakin besar resiko organ reproduksi terkontaminasi virus (HPV) onkogenik.
4. Remaja perempuan yg hamil, terutama jika tidak dapat dukungan dari orang tua, beresiko tidak mendapatkan perawatan kehamilan yg memadai.Oleh karena itu berharap buat kalian para remaja, berhati-hatilah saat menjalin hubungan (berpacaran), lebih selektif memilih pasangan.Jika kalian merasa tidak mampu menahan gairahmu dan pasanganmu, paling tidak pakailah kondom, jangan sampai hamil di luar nikah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar